Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Tips dan Trik jitu Lulus CPNS 2021, Lengkap Ampuh 100% Work!

Menjadi PNS? Tips dan Trik itu Lulus CPNS 2021 Yes!

Dalam artikel ini akan dijelaskan dan dibagikan informasi mengenai tips dan trik jitu lulus CPNS 2021 lengkap ampuh 100%, jadi buat Anda yang sedang mencari info tips lulus tes cpns guruMENPAN RB, KEMENKUMHAM, Kejaksaan Agung, Guru dan Tenaga Kesehatan atau formasi dan jabatan lain yang dibuka pada lowongan CPNS, maka silahkan baca artikel ini sampai paragraf terakhir.

Artikel sangat cocok bagi Anda yang ingin mengikuti tes CPNS, apalagi jika Anda telah lolos mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tes CPNS dan bersiap untuk mengikuti tek Seleksi Kompetensi Bidang.

Tips dan Trik itu Lulus CPNS 2021!

Pendahuluan

Sebelum lebih jauh membahas mengenai tips lulus CPNS 2021 ini, kita akan mulai dahulu sedikit pengantar, supaya info dalam artikel ini menjadi utuh. Dengan mengikuti seleksi CPNS dan lolos, maka seseorang, siapapun itu berpeluang untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil atau yang kerap disebut sebagai PNS. Dengan menjadi seorang PNS maka bisa berarti orang tersebut sudah masuk dan terikat pada dunia birokrasi pemerintah Indonesia, sehingga seorang PNS bisa juga disebut sebagai birokrat.

Jika bicara mengenai birokrat, maka ada banyak level, mulai dari pangkat terendah sampai dengan pangkat yang tinggi. Semakin tinggi pangkatknya, bisa jadi semakin tinggi jabatannya, maka tak heran sebagian PNS yang menjabat jabatan tertentu dipemerintahan juga disebut sebagai pejabat. Dimana secara sosial, kultur masyarakat Indonesia menghormati seorang PNS atau pejabat, dengan begitu mereka dipandang memiliki posisi sosial yang baik.

Sementara itu, jika dilihat dari sisi ekonomi, menjadi PNS  merupakan pintu untuk mendapatkan penghasilan tetap, bahkan sampai pensiun pun masih digaji. Tentu saja tidak dengan tunjangannya, karena setelah pensiun berbagai tunjangan tersebut akan dicabut kemudian.

Walaupun demikian, gaji dan tunjangan PNS daiatur oleh pemerintah, jadi memang terbatas, maka benar jika ada orang yang berkata bawah "bekerja sebagai PNS adalah pengabdian pada negara". Jika dibandingkan saja dengan penghasilan seorang pengusaha sukses tentu jauh, jadi jika mengandalkan gaji sebagai PNS untuk dapat kaya, itu hal yang kurang realistis.

Baik, kembali ke poin pertama, untuk menjadi seorang PNS maka seseorang harus lolos dulu CPNS, baru setelah itu bisa jadi PNS dan bisa mengabdi untuk negara dengan berbagai beneffitnya.

Tips dan Trik itu Lulus CPNS 2021!

17 Tips dan Trik Lulus Ujian CPNS 2021 Ampuh !

Yang jadi permasalahan adalah, banyak sekali orang yang meminati ingin jadi PNS, karena banyaknya peminat, maka ujian CPNS jadi semakin kompetitif. Maka mau tak mau jika Anda ingin lolos CPNS harus bisa berkompetisi secara baik, dan harus lebih unggul tentunya. Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana caranya?

Secara teknis tentu mengikuti prosedur pendaftaran dan ujian secara sistematis, namun untuk bisa lolos ujian CPNS tak ada salahnya Anda mempelajari tips dan trik lulus ujian CPNS berikut ini oleh Sunartas :

  1. Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal ujian tes CPNS;
  2. Mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian CPNS baik secara materi maupun fisik;
  3. Mempersiapkan mental dan psikis untuk menjalani ujian CPNS;
  4. Mempelajai materi dan soal-soal CPNS dengan rajin;
  5. Pelajari buku panduan lolos CPNS;
  6. Lakukan simulasi/ TryOut CAT (Computer Assisted Test) di rumah;
  7. Pelajari strategi untuk lulus tes CPNS;
  8. Lakukan survei lokasi tempat dimana tes CPNS akan dilakukan;
  9. Pelajari tata cara digelarnya tes CPNS;
  10. Datang lebih awal sebelum ujian dimulai, jangan terlambat pokoknya;
  11. Ikut perkembangan terkini seputar ujian CPNS;
  12. Pertahankan kesehatan tubuh, lakukan olahraga dengan terukur dan tidak berlebihan;
  13. Kerjakan soal ujian CPNS dari yang termudah dahulu;
  14. Cari tahu mengenai jenis-jenis soal yang kira-kira akan muncul pada ujian SKB;
  15. Cari tahu dan pahami jabatan PNS yang akan dilamar;
  16. Persiapkan pengusaan tentang isu sosial terkini, serta pahami kelebihan dan potensi yang Anda miliki serta bertanya kepada yang telah lulus;
  17. Jangan mudah dan cepat menyerah dalam mengerjakan soal ujian CPNS, lakukan yang terbaik.

Oke itu tadi 17 tips dan strategi lulus CPNS yang bisa Anda lakukan. Dari ke 17 poin diatas, sepertinya sudah cukup jelas, namun saya juga sadar apabila ada beberapa poin yang belum begitu dipahami.

Untuk memperjelas pemahaman Anda, silahkan lanjut baca uaraian dan penjelasannya setelah ini.

Tips dan Trik itu Lulus CPNS 2021!

Pendalaman dan Penjelasan Tips dan Trik lulus CPNS 2021

Baik, sekarang kita akan bahas lebih detail mengenai poin-poin diatas.

Tips pertama sepertinya sudah jelas, kita sebagai orang beragama tentunya akan berdoa ketika hendak melakukan aktivitas apapun. Selain itu, dengan berdoa, ternyata akan memberikan ketenangan dalam berpikir, dimana ini baik ketika hendak menghadapi ujian.

Poin selanjutnya adalah menyiapkan diri dengan mempelajari materi dan melatih fisik agar tetap bugar.

Salah satu hal yang penting untuk lulus dalam ujian CPNS adalah dengan belajar soal-soal CPNS tahun terbaru, yakni tahun 2021.

Selanjutnya adalah mempersiapkan mental dan psikis, yang perlu diingat adalah, bahwa menjadi seorang PNS itu bukan tujuan akhir hidup, itu hanya salah satu jalan saja, jadi jika Anda benar-benar ingin jadi PNS, maka berusaha keraslah untuk meraihnya, namun apabila belum berhasil maka ada takdir lain yang sudah dipersapkan, jadi jangan putus asa.

Dengan begitu maka kita akan terhindar dari sikap sombong ketika lulus ujian CPNS namun disisi yang lain juga tidak akan terlalu stres jika belum lolos CPNS.

Nomor 4 sudah cukup jelas.

Buku panduan lolos CPNS bisa didapatkan diberbagai toko buku, bahkan sekarang banyak pula website dan blog yang menyediakan panduan lolos CPNS, salah satunya adalah blog yang sedang Anda baca ini.

Jika Anda memiliki laptop, komputer atau bahkan smartphone, maka cobalah untuk mengikuti simulasi CAT yang sudah banyak tersedia, dan Anda bisa melakukannya dirumah sepanjang mempunyai koneksi internet.

Selanjutnya adalah dengan mempelajari startegi agar bisa lulus tes CPNS, ini bisa Anda lakukan dengan membaca banya literatur seputar CPNS atau mengikuti diskusi seputar CPNS.

Kemudian jangan lupa untuk melakukan survei tempat sebelum tes dilakukan, ini penting agar ketika hari tes tiba Anda sudah siap dan tidak bingung mencari ruangan serta tempat duduk yang akan digunakan nantinya.

Kemudian pelajari tata cara dan aturan yang berlaku dalam tes, jangan sampai nanti bingung dan malah melakukan tindakan yang berpotensi mengacaukan ujian Anda.

Selanjutnya silahkan datang lebih awal ke lokasi tes, dengan datang lebih awal Anda punya keunggulan karena secara mental sudah siap, dan secara fisik tak terengah-engah karena mengejar waktu ujian.

Jangan lupa untuk terus memantau info terbaru seputar ujian CPNS, bisa mengunjungi blog, website atau kanal lainnya yang menyampaikan berbagai update terbaru tes CPNS.

Tips dan Trik itu Lulus CPNS 2021!

Sekali lagi, tetap jaga kesehatan tubuh, jangan sampai karena Anda terlalu bersemangat menjaga tubuh, kemudian olah raga nya malah over dan badan menjadi kurang sehat, perhatikan kemampuan Anda, jangan over atau kurang dalam berolah raga.

Apabila tes CPNS telah dimulai, silahkan kerjakan soal ujian dari yang termudah dahulu, jika merasa susah lewati, kemudian balik lagi nanti ketika sudah banyak soal ujian yang dijawab.

Anda juga perlu untuk mencari tahu berbagai jenis soal yang muncul ketika sedang dilakukan tes Seleksi Kompetensi Bidang SKB.

Ingat soal yang muncul pada soal SKB mempunyai bobot yang berbeda-beda.

Dengan waktu yang terbatas, 90 menit tepatnya, Anda dituntut untuk mengerjakan berbagai jenis soal yang berjumlah 100.

Berbagai jenis soal tersebut meliputi tes karakteristik pribadi yang berjumlah 35 soal, kemudian soal tes intelegensia umum TIU yang berjumlah 30, kemudian soal tes wawasan kebangsaan dengan jumlah 35 buah.

Perlu diingat juga dalam tes CAT tidak ada yang namanya dengan pengurangan nilai apabila jawaban Anda salah, jadi silahkan jawab soal yang sekalipun Anda tidak bisa mengerjakannya. Karena ada kemungkinan benar dan Anda masih akan mendapatkan nilai.

Kemudian, misalnya saja Anda melamar di KEMENTRIAN PU maka cari tahu posisi yang Anda lamar seperti apa.

Lalu sebaiknya Anda juga banyak membaca, hal itu untuk mendukung agar Anda memahami dan menguasai isu sosial yang sedang beredar saat ini ditengah masyarakat.

Tips yang terakhir, jangan mudah menyerah ketika menjalani prosesi tes ujian CPNS ini, dari mulai belajar sampai mengikuti tahapan ujiannya, ingat yang perlu kita lakukan adalah kerja keras dan kerja cerdas serta berdoa, untuk masalah hasil kita pasrahkan saja pada yang kuasa. Hasbunallah Wani'mal Wakil.

Tips dan Trik itu Lulus CPNS 2021!

Penutup

Sepertinya sudah cukup panjang artikel ini dituliskan, akhirnya kita sampai jumpa dipenghujung artikel. Jika Anda suka dengan tulisan ini, silahkan share di media sosial yang Anda ikuti, seperti WA, FB atau Twitter.

Demikian artikel mengenai tips dan trik jitu lulus CPNS 2021 lengkap ampuh 100% semoga setelah membaca tulisan ini, Anda bisa mendapatkan insight dan manfaat positif. Sekian dan sampai jumpa pada tulisan yang lainnya.

Posting Komentar untuk "17 Tips dan Trik jitu Lulus CPNS 2021, Lengkap Ampuh 100% Work!"

Berlangganan via Email